Loading...
The Lectures

Panduan Praktikum Health Technology Assessment

Penilaian teknologi kesehatan atau PTK (diterjemahkan dari Health Technology Assessment atau HTA) dewasa ini telah makin popular di kalangan kedokteran dan kesehatan, yang secara umum dimaksud sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dari aspek promosi, prevensi, penegakan diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, serta perawatan jangka panjang. Dengan maraknya program jaminan kesehatan secara me-nyeluruh (universal health coverage, UHC) seperti yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO), maka PTK dewasa ini telah menjadi keharusan di semua negara, sesuatu yang beberapa dasawarsa yang lalu masih meru-pakan anjuran.

Berkaitan dengan hal itu, Program Studi S2 Kebidanan Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga mengembangkan mata kuliah dan praktikum Health Technology Assessment (HTA). Adapun panduan teknisnya ialah sebagai berikut:

Sementara itu, untuk panduan yang lebih substantif, berikut ini disertakan Panduan Penilaian Teknologi Kesehatan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI:

Sebagai bahan analisis, berikut ini disertakan beberapa tesis dari angkatan terdahulu untuk dipetakan berdasarkan analisis Health Technology Assessment (HTA).

BACA JUGA:   Dialektika Akal dan Alam Semesta
Leave a Reply

Your email address will not be published.