Loading...
AgamaThe Lectures

Iman dan Lingkungan Hidup

Alam telah menghidupi manusia sejak awal sejarah peradaban mereka. Ia menyediakan berbagai kebutuhan manusia untuk diolah menjadi berbagai bahan, baik pangan, sandang, maupun papan. Akan tetapi, pada zaman modern ini, kondisi lingkungan alam semakin mengkhawatirkan: kebakaran hutan, pencemaran lingkungan, pemanasan global, dan lain-lain. Akibatnya, lingkungan alam kita, tempat manusia hidup dan berketurunan, semakin mengalami kerusakan. Sayangnya, kerusakan itu disebabkan oleh perbuatan manusia.

TUGAS AKHIR

Paper dan Presentasi tentang tema:

  1. Iman dan Kesehatan              
  2. Iman dan Pertumbuhan Generasi     
  3. Iman dan Negara     
  4. Iman dan Demokrasi              
  5. Iman dan Globalisasi

Mekanisme:

  • Kerja kelompok

Output:

  • Paper: di-submit pada akhir semester
  • Slide presentasi: dipresentasikan setiap pertemuan secara tematik

Kegiatan:

  • Presentasi mingguan

Isi paper:

  • Pendahuluan: mengapa tema ini penting
  • Landasan Qur’ani/Teks suci: mengulas ayat-ayat al-Quran/teks suci yang berkaitan dengan tema
  • Permasalahan: apa saja masalah yang terkait dengan tema
  • Agenda: apa yang perlu dikembangkan dan dilakukan
  • Kesimpulan
  • Daftar pustaka
BACA JUGA:   Pengantar Filsafat
39 comments
  1. Shofiyyah Aprianingsih

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Saya Shofiyyah Aprianingsih, Nim:2110505109
    Kelas:B

    Ijin menjawab tentang “Apa Yang harus di lakukan oleh umat manusia tentang kerusakan alam atau pemanasan global”

    Menurut saya hal pertama yang harus kita lakukan adalah di awali dengan diri sendiri terlebih dahulu, hal pertama yang harus di lakukan adalah
    -Batasi penggunaan mobil dan sepeda motor hanya untuk menempuh jarak jauh, untuk jarak dekat kita bisa memulai kebiasaan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Hal ini akan membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer.
    -kedua minimalkan penggunaan CFC (Cloro Four Carbon) merupakan senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya. CFC umumnya dihasilkan oleh peralatan pendingin udara, perlu diketahui bahwa saat ini CFC menyumbangkan 20% dalam proses terjadinya efek rumah kaca. kemudian matikan perangkat elektronik saat tidak terpakai Matikan lampu, kipas, AC, komputer, TV, dan semua alat elektronik saat tidak digunakan.
    Menggunakan lampu LED adalah cara cerdas untuk meningkatkan efisiensi energi.
    -Hemat air kemudian
    -Reuse Gunakan ‘reusable’ piring, botol minum dan alat makan yang bukan sekali pakai. Gunakan wadah yang dapat digunakan kembali untuk menyimpan makanan, bukannya aluminium foil dan bahan plastik lainnya.
    -Reuse kemasan dari bahan karton untuk pengiriman barang.
    -Reduce adalah Hemat penggunaan kertas dan tissue karena terbuat dari kayu yang harus ditebang dari pohon di hutan, sedangkan hutan dibutuhkan untuk menetralisir emisi CO2 di udara.
    -Menanam pohon (Reboisasi)Dengan menanam pohon juga dapat mengurangi resiko terjadinya banjir yang merupakan salah satu dampak dari Global Warming Pohon-pohon yang kita tanam di halaman rumah sekecil apa pun halamannya, sudah pasti akan berperan untuk menetralisir CO2 di udara sekaligus menyegarkan dan menyehatkan kita.
    -Yang terakhir Sebarkan pengetahuan tentang perubahan iklim dan didik orang lain. Ajarkan sebanyak mungkin orang untuk menghormati serta turut menjaga alam dan lingkungan. Luangkan waktu untuk memberi informasi atau terlibat dalam kegiatan sosial untuk membantu menyayangi Bumi.

  2. Puji Dahyadi_2110505118

    Menurut saya sebagai umat islam kita harus menjaga,melestarikan lingkungan kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya.jangan lah sekali sekali kita merusaknya karena yang akan mendapatkan dampaknya adalah kita sendiri.

  3. Wiwin

    salat.
    puasa
    bersilaturahmi.
    menjenguk orang sakit.
    mengusap kepala anak yatim.
    bersedekah.

    -Tamayyuz (berpenampilan berbeda). Maksudnya tata kehidupan dan kebiasaan itu bisa menjadikan setiap individu anggota masyarakat Islam sebagai syakhshiyah (kepribadian) yang memiliki identitas tersendiri. Jelas pendiriannya dan bisa mempertahankan diri untuk tidak meleleh dan larut oleh nilai-nilai dari luar sehingga hilang kepribadiannya, untuk kemudian mengadopsi seluruh tradisinya, tanpa dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang bermanfaat dan mana pula yang tidak. Inilah yang banyak terjadi di kalangan masyarakat Islam saat ini. Sesudah mereka terlepas dari identitasnya, tahap berikutnya mereka mengikuti budaya dan tata kehidupan masyarakat Barat secara keseluruhan, tanpa menyaring atau menyeleksi.

    Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh kamu akan mengikuti ummat suatu kaum sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, sehingga seandainya mereka masuk ke lubang biawak niscaya kamu juga ikut masuk ke dalamnnya.” Sahabat bertanya, “Apakah mereka itu Yahudi dan Nasrani wahai Rasulullah?” Nabi bersabda, “Siapa lagi (kalau bukan mereka),” (Muttafaqun ‘Alaih).

    -Al Wahdah Al ‘Amaliyah (kesatuan/keseragaman amal). Sesungguhnya tatacara kehidupan seperti ini akan mampu membentuk kehidupan kaum Muslimin, meskipun tempat mereka berjauhan, bahasa mereka berbeda-beda, darah keturunan mereka juga berlainan. Mereka memiliki keseragaman (kesatuan) amal yang realistis, disamping kesatuan problem, kesatuan prinsip dan pemikiran, yang kesemuanya itu berpangkal tolak pada kesatuan aqidah dan ibadah mereka kepada Allah. Maka di mana saja kamu singgah di tengah-tengah kaum Muslimin di bumi mana saja mereka memberi ucapan salam kepadamu dengan kata-kata “Assalaamu Alaikum,” dan menyambutmu dengan pemuliaan dan jamuan.

    -Mudah dan Sederhana. Sesungguhnya tradisi Islam dan tata cara kehidupannya ditegakkan berdasarkan fithrah dan berorientasi kepada kemudahan, menjauhi keberatan dan kesulitan serta jauh dari sikap berlebihan.

  4. Puji Dahyadi_2110505118

    Menurut saya kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan alam.jika lingkungan rusak atau tercemar yang akan terkena dampaknya adalah kita sendiri beserta makhluk-makhluk lain di sekitarnya.

  5. Dwi irfan yuda_2110505105

    Yang harus dilakukan umat Islam terhadap kerusakan lingkungan dan pemanasan global adalah berupaya untuk memperbaiki dan mengembalikan keadaan alam yang rusak agar menjadi lestari dan dapat ditinggali. Agama Islam telah melarang segala bentuk perusakan alam sekitar, baik langsung maupun tidak langsung. Manusia harus jadi yang terdepan dalam menjaga dan melestarikan alam sekitar.

  6. Dwi irfan yuda_2110505105

    Yang harus dilakukan umat Islam terhadap kerusakan lingkungan dan pemanasan global adalah berupaya untuk memperbaiki dan mengembalikan keadaan alam yang rusak agar menjadi lestari dan dapat ditinggali. Dalam agama Islam, telha dilarang bagi kita umat manusia untuk merusak alam baik secara langsung dan tidak langsung. Justru sebagai umat Islam kita harus melestarikan dan menjaga alam sekitar karena itu sebagai bentuk syukur kita dalam merawat ciptaan Allah.

  7. Anjeli sepita putri_2110505100

    Yang harus di perbuat ummat islam yaitu manusia harus memperlakukan alam dan lingkungan hidup dengan baik. Muslim mempunyai panduan jelas dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Mereka didorong untuk ramah pada lingkungan dan tak merusaknya.

    menjaga lingkungan sama dengan menjaga jiwa. Sebab, rusaknya lingkungan, pencemaran, dan pelecehan terhadap keseimbangannya akan membahayakan kehidupan manusia.
    menjaga lingkungan juga sama dengan menjaga harta. Allah SWT membekali manusia dengan harta untuk menjalani kehidupan di bumi. Harta itu bukan hanya uang, tetapi bumi, pohon, dan tanaman pun adalah harta.

  8. Rofi Fikriyanto

    Kita sebagai umat Islam harus menjaga kelestarian alam supaya terjaga dengan baik sebagaimana yang telah diajarkan oleh guru, nabi dan yang ada di dalam ayat AL-Quran. Serta kita berusaha kasih contoh kepada orang supaya bisa menjaga kelangsungan kehidupan alam biar tetap bersih dan baik. Atau kita bisa mencontoh kepribadian orang Jepang walaupun mereka bukan umat Islam, tetapi mereka sangat menghargai lingkungan dan selalu menjaga ekosistemnya.

  9. Baiq Ratih Arisandi

    Agama mengajarkan kita untuk selalu menjaga alam dan lingkungan. Segaimana dikatakan “kebersihan sebagian dari iman”.
    Ajaran islam melarang umatnya berbuat kerusakan di muka bumi. Hal itu sesuai firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam surah Al-A’raf ayat 56 yang berbunyi “janganlah kamu berbuat kerusakan dibumi setelah (diciptakan) dengan baik”.
    Namun akhir-akhir ini, justru manusialah yang menyebabkan kerusakan lingkungan itu sendiri. Namun langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mencegah semakin buruknya kerusakan lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak memakai sedotan plastik dan memakai kantong belanja sebagai ganti kantong plastik karena seperti yang kita ketahui plastik sendiri sulit terurai di alam, mengolah sampah untuk di daur ulang, melakukan penanaman pohon, dan menjaga kebersihan sungai.

  10. Mar'in

    menurut saya:Kebanyakan kerusakan lingkungan terjadi akibat ulah manusia. Untuk itulah kita sebagai manusia harusnya bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Untuk itulah mari kita mulai mencegah kerusakan lingkungan akibat manusia. Dimulai dengan menanamkan perilaku yang baik pada diri kita. Maka selanjutnya orang lain pun akan mengikutinya.

  11. Andre Prayoga Elvonda

    Selain melarang membuat kerusakan di muka bumi, Islam juga mempunyai kewajiban untuk menjaga lingkungan dan menghormati alam semesta yang mencakup jagat raya yang didalamya termasuk manusia, tumbuhan, hewan, makhluk hidup lainnya, serta makhluk tidak hidup

  12. Widia Solissa

    Pendapat saya adalah sebaiknya kita sebagai manusia atau umat, lebih baik dan lebih bagusnya klau kita menjaga lingkungan, karena tidak bagus juga klau lingkungan kita kotor atau rusak, makanya dari itu untuk menjaga suatu lingkungan di perlukan kerja sama atau gotong royong yg baik.

  13. Siti Jayafri Baubau

    Sebagai umat islam kita harus hidup berdampingan sebagai mahluk ciptaan Allah entah dalam wujud manusia, tumbuhan atau hewan. Kita sebagai mahluk Allah saling membutuhkan antar satu sama lain untuk karena itu penting sebagai manusia menjaga Alam dan tidak merusaknya seperti mengotor alami atau merusaknya dengan menebeng pohon atau membung sampah dan mengotor lingkungan, penting untuk kita menjaga tingkah laku kita sebagai manusia karena di berikan ahlak oleh Allah swt untuk berpikir.

  14. Diah Ayu Septyandani

    Sebagai makhluk muslimah saya akan menyadari bahwa ini merupakan tanda-tanda kemerosotan dunia yang menuju akhir zaman. Sehingga saya akan memulai dari diri sendiri untuk mengurangi pemakaian-pemakaian benda yang dapat menimbulkan pemanasan global maupun pencemaran terhadap lingkungan. Agar tidak semakin memperparah keadaan. Pengurangan terhadap limbah saya mulai dari penggunaan plastik belanja menggunakan buy bag yang tidak sekali pakai seperti plastik belanja pada umumnya.

  15. Wisnani sapitri

    kita sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT yang diberi amanat untuk mengurus dan melestarikan alam tidak boleh sombong, harus selalu bersyukur, karena korelasi antara alam dengan manusia begitu erat, sehingga apa yang diperbuat manusia terhadap alam, maka demikian pula alam akan berbuat kepada manusia. Agama sebagai device yang ditetapkan Tuhan kepada manusia untuk mengontrol segala perbuatan manusia begitupun menyerukan kepada manusia untuk bersikap bijaksana kepada alam.

  16. TRI WIDIYA NINGROM

    Sebagai seorang umat muslim sudah sepantasnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar agar terciptanya keseimbangan alam. Untuk menjaga kelestarian alam kita dapat melakukan berbagai cara, antara lain melakukan penanaman kembali hutan gundul (reboisasi), melakukan tebang pilih hutan dan tidak mengeksploitasi hutan secara besar-besaran untuk membuka lahan industri atau pertanian demi kepentingan individu. Kita harus menjaga alam dengan mengambil hasil alam sesuai dengan kebutuhan saja, tidak boleh berlebihan. Selain itu kita juga harus meminimalisir adanya gas karbondioksida dan penggunaan AC serta pembangunan rumah kaca karena itu dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon sehingga terjadi pemanasan global.

  17. Henny Halimatul Ulya

    Apa yang harus dilakukan sebagai umat islam? Sebagai umat islam kita harus bertaqwa, atau beriman dan beramal shalih(beribadah kepada allah). Dalam konteks hubungan dengan Rabb-nya, manusia adalah hamba Allah swt. Sedangkan dalam konteks hubungan dengan alam semesta ia adalah khalifah. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tujuan hidup dalam islam bagi manusia adalah menunaikan penghambaan dan pengabdian ( dalam makna yang luas ) kepada Allah swt.

  18. regitha debiesga prima

    Agama islam mengajarkan kita untuk menjaga lingkungan sekitar kita. sebagai umat islam kita harus harus menjaga lingkungan kita contohnya dengan melakukan praktik daur ulang. Daur ulang membantu meminimalkan polusi dan melestarikan sumber daya alam.prosesnya cukup mudah,dan yang harus anda lakukan adalah membuat pilihan yang bijak.

  19. regitha debiesga prima

    islam mengajarkan kita untuk menjaga lingkungan sekitar kita. sebagai umat islam kita harus menjaga lingkungan degan cara menguraikan makanan dan sampah organik lainnya menjadi kompos dan juga Daur ulang membantu meminimalkan polusi dan melestarikan sumber daya alam.

  20. Regitha debiesga prima

    Sebagai umat islam kita diharus menjaga dan mencintai alam atau lingkungan sekitar kita yaitu dengan cara tidak membuang sampah sembarangan , melakukan daur ulang sebagai upaya meminimalkan polusi, mengurangi pemakaian plastik ,menghemat pemakaian kertas.

  21. Regitha debiesga prima

    Sebagai umat islam kita diharus menjaga dan mencintai alam atau lingkungan sekitar kita yaitu dengan cara tidak membuang sampah sembarangan , melakukan daur ulang sebagai upaya meminimalkan polusi.

  22. Bela Septiani Nur Sakinah

    al-Qur`an. Al-Qur`an
    telah menjelaskan bahwa kerusakan yang ada di muka bumi itu adalah dari tangan-tangan manusia itu sendiri. di muka bumi ini dengan kewajiban dan tanggung jawabnya terhadap
    lingkungan sebagai konsekuensi nikmat yang diberikan Allah
    Tuhan yang maha Pengasih dan maha Penyayang yang patut disukuri dan dilindungi serta di junjung tinggi manusia yang perlu meningkatkan
    kesadaran lingkungan. Begitu juga pemanasan global, contoh nya banjir, fakta bahwa banjir di masa
    kini lebih dominan diakibatkan oleh kesalahan manusia dalam
    mengelola lingkungan.

  23. 2110505124 RIKA ZILVIANA

    Islam mengajarkan agar umat manusia senantiasa menjaga lingkungan. Hal ini seringkali tercermin dalam beberapa pelaksanaan ibadah, seperti ketika menunaikan ibadah haji. Dalam haji, umat Islam dilarang menebang pohon-pohon dan membunuh binatang. Apabila larangan itu dilanggar maka ia berdosa dan diharuskan membayar denda (dam). Lebih dari itu Allah SWT melarang manusia berbuat kerusakan di muka bumi.

    Tentang memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, banyak upaya yang bisa dilakukan, misalnya rehabilitasi SDA berupa hutan, tanah dan air yang rusak perlu ditingkatkan lagi. Dalam lingkungan ini program penyelamatan hutan, tanah dan air perlu dilanjutkan dan disempurnakan. Pendayagunaan daerah pantai, wilayah laut dan kawasan udara perlu dilanjutkan dan makin ditingkatkan tanpa merusak mutu dan kelestarian lingkungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.