Loading...
AgamaThe Lectures

Manhaj Tarjih

Muhammadiyah merupakan salah satu gerakan Islam yang terinspirasi oleh modernisme di Dunia Islam. Oleh karena itu, gerakan ini mengusung gagasan tajdid (pembaharuan) sejak awal abad ke-20, ketika modernisasi mulai menggejala di Hindia Belanda. Pada awal abad ke-21, Muhammadiyah mengusung gagasan Islam Berkemajuan sebagai bentuk adaptasi Islam terhadap dinamika masyarakat abad ke-21.
Untuk mengembangkan tajdid, maka Muhammadiyah mengembangkan ijtihad untuk mendialogkan Islam dengan hal-hal baru yang berkembang dalam masyarakat modern. Untuk menjalankan ijtihad, Muhammadiyah mengembangkan metode yang dikenal dengan MANHAJ TARJIH.

Secara linguistik, Tarjih bermakna menguatkan. Dalam konteks fiqh Islam, Tarjih dimaknai sebagai membandingkan dalil-dalil syariah untuk diambil salah satunya sebagai dalil yang paling kuat. Dalam perkembangannya, istilah ini menjadi bermakna ijtihad itu sendiri. Sementara Manhaj artinya metodologi penelusuran (sanad) ilmu-ilmu Islam dengan alur riwayat yang benar dan tersambung sampai kepada Nabi Muhammad.

Secara etimologis Muhammadiyah, Manhaj Tarjih merupakan suatu sistem metodologis (perspektif, sumber ajaran, pendekatan, dan metode atau prosedur-prosedur teknis) untuk melakukan upaya Ketarjihan.

BACA JUGA:   Filsafat Epistemologi
Leave a Reply

Your email address will not be published.