Loading...
Pustaka

Sains pada Abad Pertengahan Dunia Islam

Selama Zaman Keemasan Islam (abad ketujuh sampai ketujuh belas M), para filsuf dan penyair Muslim, seniman dan ilmuwan, pangeran dan buruh menciptakan budaya unik yang telah mempengaruhi masyarakat di setiap benua. Buku ini menawarkan pengenalan yang lengkap dan sangat mudah diakses tentang aspek penting dari budaya itu—pencapaian ilmiah Islam abad pertengahan.

Howard Turner membuka dengan tinjauan sejarah penyebaran peradaban Islam dari jazirah Arab ke timur ke India dan ke barat melintasi Afrika utara ke Spanyol. Dia menggambarkan bagaimana semangat untuk pengetahuan memimpin umat Islam selama berabad-abad membangun kerajaan untuk mengasimilasi dan memperluas pengetahuan ilmiah dari budaya yang lebih tua, termasuk Yunani, India, dan Cina. Dia mengeksplorasi pencapaian Islam abad pertengahan dalam kosmologi, matematika, astronomi, astrologi, geografi, kedokteran, ilmu alam, alkimia, dan optik. Dia juga menunjukkan bagaimana pencapaian ilmiah Muslim mempengaruhi kemajuan sains di dunia Barat dari Renaisans ke era modern.

Survei pencapaian ilmiah Muslim bersejarah ini menawarkan kepada mahasiswa dan pembaca umum sebuah jendela ke salah satu budaya besar dunia, yang sedang mengalami kebangkitan luar biasa sebagai kekuatan agama, politik, dan sosial di zaman kita.

BACA JUGA:   Sejarah Islam di Indonesia
Leave a Reply

Your email address will not be published.